Resep Ikan Lele Goreng Bumbu Balado Simpel

Resep Ikan Lele Goreng Bumbu Balado Simpel
Lele Goreng Bumbu Balado 
Melanjutkan postingan sebelumnya, dan memenuhi janji saya untuk menulis resep cara membuat masakan ikan lele goreng bumbu balado. Bahan dan alatnya gampang dan biasanya ada di bumbu dapur. Ingat bahan utamanya adalah ikan lele, dan Anda juga harus tau bagaimana cara membersihkan ikan lele agar siap dimasak. 

Jika Anda belum tau, khususnya Anda yang masih awam di dunia masak-memasak nanti jika ada kesempatan akan saya buatkan videonya yang berisi step by step cara membersihkan lele sebelum dimasak. 

Oke kembali pada resep, berikut ini bahan-bahan yang harus di sediakan untuk membuat hidangan Lauk Ikan Lele Goreng Bumbu Balado :

Bahan-bahan: 
1/2 kg lele yg sudah dibersihkan
Minyak goreng secupnya
1sdm gula
1/2sdt garam

Bahan Bumbu Balado
10bj cabe besar merah
5bj cabe rawit
3 siung bawang putih
5 siung bawang merah
1 ruas jahe
3 lembar daun salam

Cara Memasak/Membuat Lele Goreng Balado :
  1. Pertama-tama panaskan minyak dan goreng terlebih dulu lelenya sampai kering (Sudah matang dan keset).
  2. Sambil menunggu lele digoreng hingga kering, kita membuat bumbu balado terlebih dahulu dengan memblender semua bahan bumbu balado hingga cukup halus. 
  3. Tiriskan lele yg sudah kering, lalu kita tumis bumbu sampai matang dan harum jangan lupa daun salam, gula, dan garamnya dimasukan saat ditumis.
  4. Kalo bumbu sudah matang dengan ciri-ciri sudah beraroma dan warna sudah berubah bumbu di beri air sedikit sekiranya cukup untuk melumuri ikan, tunggu sampai bumbu mendidih lalu masukkan lele aduk berlahan-lahan biar lelenya gk hancur.
  5. Kiranya bumbu sudah rata dan meresap matikan kompor, Sekarang Anda bisa menghidangkan lele goreng bumbu sambal balado dan menyantapnya bersama keluarga.
Gimana, cukup simpel ya cara masaknya, owh iya dalam resep ikan balado ini tidak hanya ikan lele loh yang bisa dipakai, ikan yang lain juga bisa, misal ikan laut seperti pindang, ikan kerapu, dan ikan tongkol. Ikan tawar yang lain juga bisa, asalkan dagingnya tidak mudah hancur. 
Cara Menghidangkannya (Bisa menambahkan daun salad/kemangi)
Jika Ada pertanyaam silahkan komentar ya, dan untuk versi youtube belum saya buat, nanti bila ada kesempatan akan saya buatkan bersama istri tercinta sekaligus menjawab beberapa pertanyaan yang ada di kolom komentar.

Saya rasa cukup sampai disini ulasan tetang bagaiamana Cara dan Resep Memasak Lele Goreng Bumbu Balado semoga bermanfaat dan selamat memperaktekkannya di rumah, salam cooking. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Resep Ikan Lele Goreng Bumbu Balado Simpel "

Posting Komentar