Masakan Buncis Tumis Jadi Menu Sayur Sahur Hari Ini

Sayur : Tumis Buncis
Sahur hari ini sayurnya apa? kalau kami sahur pake tumis buncis dan lauknya lele goreng sambal balado sisa menu lauk saat buka serta ditemani dengan beberapa buah apel. Loh kok ada apelnya? Iya karena kami tinggal di Kota Batu yang terkenal dengan kota wisata buah apel sehingga buah apel disini cukup mudah diperoleh. 

Buncis adalah salah satu sayur kesukaan saya dan istri saya, sebab rasanya gurih dan ada rasa manisnya. Sedangkan untuk masakan buncis kami sering menumisnya, selain praktis cara buatnya juga gak lama. 

Informasi tambahan nih mengenai kandungan gizi buncis,  Buncis ini mengandung energi sebesar 35 kilokalori, protein 2,4 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 7,7 gram, kalsium 65 miligram, fosfor 44 miligram, dan zat besi 1 miligram. Selain itu di dalam Buncis juga terkandung vitamin A sebanyak 630 IU, vitamin B1 0,08 miligram dan vitamin C 19 miligram.

Tapi setelah melalui proses pemanasan saat dimasak komposisi gizi tidak lagi sama, sebab ada beberapa jenis vitamin yang akan rusak bila diolah dalam suhu panas, misal vitamin C. Sekarang pahamkan salah satu alasan mengapa kita tidak boleh memasak sayur terlalu lama. 

Sebelum sahur, saya dan istri saya bangun jam setengah 2 atau 01:30 am, alasan bangun jam segitu yaitu untuk sholat malam dan masak-masak untuk menu sahur. Beberapa masakan yang dimasak saat itu adalah nasi, buncis tumis dan menghangatkan lele goreng bumbu balado. 

Selesai masak jam 03.00 am, lah kok lama? Iya karena masaknya disambi-sambi melakukan kegiatan lain seperti sholat malam, dan nyuci piring-piring kotor. 

Ini dia beberapa foto saat mengolah sayur buncis dan hasil masakannya : 

Ini buncis yang sudah dipotong-potong dan diiris tengahnya agar bumbu meresap
Kalau ini bumbu buncis tumis, bawang putihnya masih kelihatan
Kalau yang ini foto buncis tumis yang masih tersisa
Kalau masalah rasa, hmmm ueenaak, mantap pokoknya, rasanya pas. Sayur buncis tumis ini enak dihidangkan dengan nasih putih hangat dan lauk tempe atau tahu. Anda juga bisa menghidangkan menu tambahan sesuai selera Anda. 

Kalau masalah resep akan saya buatkan dipostingan khusus, dan jika ada waktu akan dibuatkan videonya juga, jadi tunggu updatenya ya. Jadi sekian cerita sahur kali ini semoga bermanfaat. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Masakan Buncis Tumis Jadi Menu Sayur Sahur Hari Ini "

Posting Komentar